5 Mata Uang Paling Rendah di Dunia

5 Mata Uang Paling Rendah di Dunia – Nilai mata duit di setiap negara pasti berbeda-beda. Hal selanjutnya merupakan tidak benar satu indikator berasal dari ekonomi, tak ayal andaikan mata duit mengenai bersama dengan kondisi yang tengah melanda negara tersebut.

Selain kondisi ekonomi, ada termasuk investasi asing dan nilai tukarnya sendiri. Misalnya layaknya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan ekonomi terpuruk, sehingga sebagian mata duit mengalami pelemahan.
Setiap negara pun punyai nilai konversi mata duit yang berbeda-beda. Karena itu, ada mata duit bersama dengan konversi nilai yang tinggi, sebaliknya termasuk ada yang nilai konversinya rendah.

Mata duit suatu negara Esports Indonesia termasuk akan turun andaikan tingkat penawaran lebih tinggi dibandingkan permintaan. Berikut adalah sebagian mata duit paling rendah di dunia menurut data berasal dari FXSSI dan Google.

Mata Uang Paling Rendah di Dunia

1. Iran Rial (42.400 IRR/USD)
Mata duit paling rendah di dunia pas ini adalah rial Iran. Devaluasi diawali terhadap 1979 silam, tepatnya disaat revolusi Revolusi Iran. Banyak usaha yang angkat koper disaat itu gara-gara ketidakjelasan situasi.
Kemudian perang bersama dengan Irak, Iran terkena sanksi ekonomi gara-gara program nuklir. Pemerintahnya pun membatasi akses mata duit asing ke warga, yang mana berujung terhadap peningkatan blackmarket. Karena itu semua, rial jadi terdevaluasi sampai 400 persen.
Mata duit kembali stabil terhadap 2015 usai sanksi ekonomi dicabut. Ketika itu, Iran di tandatangani perjanjian nuklir bersama dengan AS, Prancis, Inggris, China, Rusia, dan Jerman. Namun, tiga th. kemudian, AS mengeklaim Iran melanjutkan program nuklir.
Imbasnya, sanksi dipertajam dan akses negara ke pasar komoditas dunia dibatasi. Iran tak mampu ekspor minyak bumi, yang notabene 69 prosen penghasilan tiap tahun. Defisit kritislah anggaran nasional Iran.
Sanksi pun termasuk industri lain, termasuk petrokimia dan metalurgi. Hingga kini, terbaru, nilai mata duit Iran capai 42.300 rial per dolar.

2. Vietnam Dong (23.172 VND/USD)
Mata duit paling rendah kronologis kedua di dunia adalah dong Vietnam. Hal ini imbas tetap sulitnya ekonomi terpusat ke ekonomi pasar. Imbasnya, dong jadi amat terdevaluasi.
Hanya saja, ahli menyebut Vietnam berada di jalan yang tepat dan tidak akan perlu pas lama untuk mampu naik kembali dan mendekat ke sebagian negara tetangga.

3. Indonesia Rupiah (15.623 IDR/USD)
Secara ekonomi, Indonesia sejatinya stabil dan lumayan berkembang di pada negara Asia Tenggara lainnya. Namun, menurut FXSSI, nilai tukar rupiah amat rendah.

Dilaporkan pula oleh FXSSI, segala usaha udah dikerjakan oleh pemerintah Tanah Air, tapi usaha selanjutnya hasilnya tidak amat signifikan. Kini 1 dolar serupa bersama dengan Rp14.728.

4. Laos Kip (13.245.00 LAK/USD)
Walau sejatinya mata duit Laos tidak mendevaluasi, tapi tetap jadi tidak benar satu yang paling rendah di dunia, yaitu 13.245 kip per dolar. Sebab, sejak diterbitkan terhadap 1952, mata duit selanjutnya sesungguhnya rendah. Nilai tukar mata duit Laos Kip termasuk terbilang lebih rendah jikalau dibandingkan bersama dengan Indonesia Rupiah.

5. Sierra Leonean Leone (12.950.00 SLL/USD)
Sierra Leonean Leone merupakan negara miskin berasal dari Afrika dan mendiami peringkat lima mata duit paling rendah di dunia. Pada awal 2022, berjalan perang dan penyebaran virus Ebola. Karenanya, nilai mata uangnya melemah jadi 12.950 per dolar.